test

News

Selasa, 4 Agustus 2020 13:02 WIB

Miris! Kepala BKPM: 17 Juta Orang di Indonesia Sedang Cari Pekerjaan

Editor: Ferro Maulana

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia . (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjelaskan sebanyak 17 juta orang di Indonesia sedang mencari pekerjaan.

Jumlah itu terdiri dari 7 juta pengangguran, ditambah dengan angkatan kerja setiap tahunnya sebanyak 2,5 juta.

Kemudian jumlah pencari kerja tersebut berasal dari korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari dampak pandemi Covid-19 sebanyak kurang lebih 7 juta sampai 8 juta orang.

"Maka kurang lebih sekitar 16 juta hingga 17 juta orang sekarang yang siap cari kerja," terangnya dalam diskusi virtual, di Jakarta, Selasa (04/08/2020).

Para pencari kerja. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Melihat kondisi itu, Bahlil menilai tidak ada cara lain selain mendorong penciptaan lapangan kerja. Karena itu, ia menegaskan investasi menjadi pintu bagi penciptaan lapangan kerja.

Menurutnya, BKPM tak tebang pilih untuk jenis investasi yang masuk, asalkan sesuai dengan persyaratan pemerintah dan mampu menciptakan lapangan kerja bagi seluruh warga negara Indonesia.

"Jadi kalau dulu kami masih pilih-pilih, sekarang dengan Covid-19 ini yang penting investasi masuk, lapangan pekerjaannya bisa tercipta. Rumusnya 17 juta itu harus betul-betul dapat (kerja)," pungkasnya menegaskan. (FER).

BERITA TERKAIT