test

News

Senin, 17 Agustus 2020 17:59 WIB

Wow, Upacara Virtual HUT Kemerdekaan RI Catat Rekor MURI

Editor: Hadi Ismanto

MURI memberikan pengharggan kepada Sekretariat Presiden (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ - Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 yang berlangsung secara daring mendapatkan penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia. MURI mencatat pelaksanaan upacara virtual ini diikuti peserta terbanyak.

Total ada 17.845 peserta yang mengikuti pelaksanaan upacara HUT ke-75 RI secara daring. Penghargaan diserahkan Pendiri MURI Jaya Suprana kepada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

"Dengan ini secara resmi MURI menganugerahkan piagam penghargaan kepada Sekretariat Presiden, Kementerian Sekretariat Negara atas penyelenggaraan rekor sebagai pemrakarsa dan penyelenggara upacara peringatan HUT kemerdekaan secara daring oleh peserta terbanyak," ungkap Jaya melalui video conference di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (17/8/2020).

Jaya mengatakan, piagam penghargaan ini bukan hanya rekor Indonesia namun juga dunia. Menurut dia, belum ada negara yang menggelar acara upacara peringatan kemerdekaan secara daring.

"Upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI secara daring oleh peserta terbanyak sekaligus juga yang pertama dilakukan dalam sejarah," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh MURI. Ia menyebut setidaknya ada 70 orang yang bertugas memandu para peserta secara daring.

"Kami jajaran Setpres mengucapkan terima kasih. Di sini ada 60-70 putra putri yang kami pilih jadi host untuk memandu acara kenaikan maupun penurunan bendera secara daring," ucap Heru.(Hdi)

BERITA TERKAIT