test

News

Kamis, 27 Agustus 2020 16:15 WIB

Hore! Pelajar, Mahasiswa, Guru dan Dosen Dapat Subsidi Kuota Internet

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim (Foto: Instagram/@nadiem_makarim)

PMJ - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim memberikan subsidi kuota internet bagi siswa, mahasiswa, guru, hingga dosen. Kebijakan ini untuk menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi Covid-19.

Subsidi kuota Kemendikbud ini akan diberikan selama September-Desember 2020. Rinciannya, setiap bulan siswa akan mendapat 35 GB, sedangkan guru mendapat kuota 42 GB per bulan. Sementara dosen dan mahasiswa diberikan kuota 50 GB per bulan.

"Kami sudah mendapat persetujuan untuk anggaran sebesar Rp9 triliun untuk tahun ini yang akan kami kerahkan untuk pulsa atau kuota data bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama 3 sampai 4 bulan ke depan," jelas Nadiem di gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Menurut Nadiem, alokasi anggaran untuk bantuan kouta data internet ini sebesar Rp7,2 triliun. Selain itu, Kemendikbud juga menganggarkan senilai Rp1,7 triliun untuk tunjangan profesi para pengajar.

"Kami juga sudah mengamankan tambahan penerima tunjangan profesi guru dan tenaga pendidikan dan tunjangan profesi, dosen dan tunjangan guru besar sebesar Rp1,7 triliun," tuturnya.

Mendikbud menjanjikan bantuan kuota internet akan segera direalisasikan dalam waktu dekat. Saat ini, pihaknya tengah mengurus pencairan dana agar bisa dilakukan secepatnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT