test

News

Rabu, 2 September 2020 07:01 WIB

Wow, Domba di Skotlandia Ini Dihargai Rp7,1 Miliar, Apa Kelebihannya?

Editor: Ferro Maulana

Domba Double Diamond senilai Rp7,1 miliar. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ - Seekor domba bernama Double Diamond terjual di tempat penjualan hewan ternak, Skotlandia dengan harga fantastis. Yaitu dihargai 490 ribu dolar AS (atau setara dengan Rp7,1 miliar).

Untuk diketahui, Diamond merupakan seekor domba texel. Jenis tersebut berasal dari Pulau Texel di Belanda. Mereka memiliki tubuh yang berotot dan menghasilkan daging tanpa lemak yang berkualitas tinggi.

Diamond dijual Charlie Boden dan keluarganya dari perkumpulan olahraga di Cheshire. Laman The Guardian menulis Diamond mempunyai kualitas domba yang sempurna. Tubuh kencang, kepala sempurna, dan warna emas dibalik bulu-bulunya yang lebat.

Domba Double Diamond senilai Rp7,1 miliar. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Kualitas yang dimiliki domba Texel membuat Jeff Aiken, salah satu dari tiga peternak yang bergabung, membayar harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk seekor domba. Nampaknya, Aiken sudah mengincar Diamond selama beberapa pekan sebelum akhirnya terjual.

"Kami tahu ini akan menjadi sesuatu yang sangat istimewa. Dia hewan yang luar biasa, didukung oleh semua genetika terbaik,” ujar Aiken kepada The Guardian.

“Ada sekitar tujuh atau delapan orang yang benar-benar menginginkannya dan itulah yang menyebabkan harga yang tinggi," sambungnya.

Aiken dan dua mitranya akan berbagi kepemilikan atas Diamond. Ia akan ditempatkan pada tiang, dipasangi bendungan untuk harga premium. Seiring bertambahnya usia, sperma Diamond akan dikumpulkan dan digunakan untuk inseminasi buatan.

Domba Double Diamond senilai Rp7,1 miliar. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Hal tersebut tidaklah aneh. Karena menurut Aiken, hal itu sama seperti bisnis-bisnis lainnya. Seperti, kuda balap atau bisnis ternak.

Menjual ternak di pelelangan merupakan tradisi warga desa di Inggris Raya. Alat ukur yang digunakan yaitu guinea. Satu guinea diterjemahkan menjadi sekitar 1,40 dolar (Rp20 ribu).

Walaupun jadi yang paling mahal, ini bukan pertama kalinya seekor domba terjual dengan harga yang selangit.

Rekor tertinggi sebelumnya untuk domba sebesar 307.000 dolar AS (sekitar Rp4,5 miliar). Rekor itu disematkan kepada seekor domba bernama Deveronvale Perfection pada 2009. (Sumber: CNN/ Insider/ Guardian/ Fer).

BERITA TERKAIT