test

News

Senin, 28 September 2020 13:33 WIB

Ada Usulan Harga Tes Swab Mandiri Rp797 Ribu, Satgas Covid-19: Akan Dievaluasi

Editor: Hadi Ismanto

Tenaga medis tengah melakukan tes swab Covid-19. (Foto: Dok PMJ News)

PMJ - Pemerintah hingga saat ini belum menentukan besaran harga untuk tes swab virus corona (Covid-19). Dalam beberapa kesempatan, usulan harga tes usap ini masih dalam proses pembahasan dan akan diatur agar tidak memberatkan masyarakat.

Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo mengatakan usulan estimasi harga tes swab dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebesar Rp 439 ribu per spesimen.

"Jadi kami sampaikan bahwa BPKP telah memberikan estimasi harga yang sifatnya kontraktual, itu sebesar Rp439 ribu per spesimen," ujar Doni dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/9/2020).

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo (Foto: Dok Net)

Doni mengatakan usulan harga tes swab tak hanya terkait yang sifatnya kontraktual, tapi juga yang mandiri. Jenderal bintang tiga itu menyebut BPKP mengusulkan harga tes swab mandiri sebesar Rp797 ribu.

"Sedangkan untuk yang sifatnya mandiri, usulan dari BPKP adalah Rp797 ribu," ucapnya.

Kendati begitu, kata Doni, usulan BPKP sampai saat ini belum disepakati pemerintah. Ia menyebut usulan itu akan menjadi bagian evaluasi dari Kementerian Kesehatan.

"Angka ini masih akan dilakukan evaluasi lagi oleh tim Kementerian Kesehatan. Sehingga angka itu nanti tidak memberatkan masyarakat, tetapi juga tidak merugikan para pengusaha yang bergerak di bidang jasa pemeriksaan laboratorium" tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT