test

News

Minggu, 4 Oktober 2020 10:06 WIB

Hari Ini, Jamaah Ibadah Umrah Tiba di Masjidil Haram

Editor: Hadi Ismanto

Jamaah ynrah mulai berdatangan di Masjidil Haram (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Para jamaah mulai berdatangan ke Masjidil Haram untuk melakukan ibadah umrah, Minggu (4/10/2020) dini hari. Ini adalah pelaksanaan umrah pertama sejak Arab Saudi menghentikannya tujuh bulan lalu akibat pandemi Covid-19.

Seperti dilihat dari tayangan video di akun Twitter kementerian haji dan umrah Arab Saudi, satu per satu jemaah memasuki halaman Masjidil Haram dengan menjaga jarak satu sama lain.

Mereka datang menggunakan bus yang sudah disiapkan dari beberapa titik pemberangkatan. Di antaranya Ajyad, Al Shisha, Al Gaza, dan Al Zahir.

"Dalam suasana iman dan hati yang menenteramkan, jemaah haji kelompok pertama memulai ritual mengikuti tindakan pencegahan yang ditetapkan," demikan petikan pernyataan kementerian di Twitter.

Tampak pula jemaah melaksanakan Tawaf di sekitar Kabah dengan melalui garis yang ditentukan, seperti saat pelaksanaan haji sebelumnya.

Untuk tahap pertama ada 6.000 jemaah yang melaksanakan umrah setiap hari. Mereka dibagi dalam beberapa gelombang sampai merampungkan seluruh prosesi.

Masjidil Haram dibersihkan 10 kali sehari sebelum dan sesudah rombongan umrah tiba. Demikian pula dengan karpet, tempat air Zamzam, serta semua kendaraan.

Otoritas berwenang juga menempatkan kamera pendeteksi suhu tubuh juga dipasang di sejumlah tempat Masjidil Haram.(Hdi)

BERITA TERKAIT