test

News

Jumat, 9 Oktober 2020 21:01 WIB

Gegara Pencegahan Covid-19, Gubernur Michigan Hampir Diculik

Editor: Hadi Ismanto

Gubernur Michigan, Gretchen Whitmer jadi target penculikan setelah memberlakukan langkah-langkah pencegahan Covid-19. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Biro Penyelidik Federal Amerika Serikat (FBI) berhasil menggagalkan rencana untuk menculik dan menggulingkan Gubernur Michigan, Gretchen Whitmer. Ia menjadi target kelompok yang skeptis terhadap virus corona setelah memberlakukan langkah-langkah pencegahan ketat.

Sebagaimana dilansir laman BBC, Jumat (9/10/2020), para pejabat menyebut rencana penculikan itu melibatkan enam pria yang berencana mengadakan 'pengadilan pengkhianatan' Sang Gubernur.

"Kebencian, kefanatikan dan kekerasan tidak memiliki tempat di Michigan,” kata Whitmer.

Sementara dalam pernyataan tertulis FBI, penegak hukum yang menyamar menghadiri pertemuan di Dublin, Ohio pada Juni, di mana sekelompok anggota milisi yang berbasis di Michigan membahas penggulingan pemerintah negara bagian yang mereka yakini melanggar Konstitusi AS.

"Beberapa anggota berbicara tentang membunuh 'tiran' atau ‘menculik’ gubernur yang sedang menjabat," demikian petikan keterangan. Dalam satu video, seorang tersangka mengecam peran negara dalam memutuskan kapan akan membuka kembali gym selama penguncian virus corona.

Tiga belas orang ditangkap oleh penyidik terkait rencana penculikan tersebut. Enam pria, lima dari Michigan dan satu dari Delaware, dituduh di pengadilan federal merencanakan penculikan dan mengadakan "pengadilan pengkhianatan" terhadap Whitmer.

Sementara tujuh lainnya menghadapi dakwaan terorisme dan pelanggaran terkait geng di pengadilan negara bagian sehubungan dengan dugaan rencana penculikan.(Hdi)

BERITA TERKAIT