test

News

Minggu, 11 Oktober 2020 18:55 WIB

Murah, Indofarma Banderol Harga Tes Swab Rp750 Ribu

Editor: Hadi Ismanto

Tenaga medis tengah melakukan tes swab Covid-19. (Foto: Dok PMJ News)

PMJ - PT Indofarma Tbk menyediakan tes swab PCR untuk mendeteksi Covid-19 di bawah harga batas atas pemerintah seharga Rp900 ribu. Perusahaan farmasi itu mematok harga Rp750 ribu. Harga tersebut .

"Dengan harga batasan itu, Indofarma justru membuat produk lebih murah. Mereka keluarkan harga tes PCR Rp 750 ribu," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Erick Thohir, Arya Sinulingga di akun instagram resmi @kementerianbumn, Minggu (11/10/2020).

Arya mengatakan, harga tes swab PCR sempat menjadi perbincangan. Pasalnya, harganya tidak seragam. Bahkan, sebelum adanya batasan harga dari pemerintah, tes usap bisa dibanderol di kisaran Rp2,5 juta hingga Rp3,5 juta.

Dengan adanya tes swab PCR murah dari BUMN farmasi, Ia pun berharap lebih banyak orang yang bisa dites. Sehingga jangkauan tes semakin luas dan Indonesia bisa menangani Covid-19 dengan lebih baik.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu Kementerian Kesehatan telah menerbitkan Surat Edaran nomor HK. 02.02/I/3713/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Surat edaran tentang tes swab tersebut disahkan oleh Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Abdul Kadir pada Senin 5 Oktober 2020.(Hdi)

BERITA TERKAIT