test

Suara Pemilu

Kamis, 3 September 2020 07:36 WIB

Pilkada Serentak Kondusif di Tengah Pandemi, Kapolres Cek Kesiapan Personel

Editor: Ferro Maulana

Polres Pulang Pisau gelar apel gelar pasukan Ops Mantap Praja Telabang 2020. (Foto: PMJ News).

PMJ- Sebagai upaya menjaga kondusifitas dan keamanan menjelang Pilkada Serentak tahun 2020 pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Polres Pulang Pisau menggelar apel gelar pasukan Ops Mantap Praja Telabang 2020 di lapangan Mapolres Pulang Pisau.

Apel yang dipimpin Kapolres Pulang Pisau AKBP. Yuniar Ariefianto, S.H., S.I.K., M.H. tersebut dihadiri Kajari Pulang Pisau, Bupati Pulang Pisau yang diwakili Asisten Sekda dan Pabung Kodim 1011 Kuala Kapuas Mayor Subur. Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan sarana prasarana yang dimiliki Polres Pulang Pisau untuk mendukung pelaksanaan Ops Mantap Praja Telabang 2020.

Dalam amanatnya yang dibacakan pimpinan apel, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si., M.M. mengatakan, Pilkada tahun 2020 ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena pilkada kali ini dilaksanakan di tengah-tengah pandemi Covid-19 dimana Pemerintah telah gencar-gencarnya melaksanakan pencegahan penyebaran Covid-19.

Polres Pulang Pisau gelar apel gelar pasukan Ops Mantap Praja Telabang 2020. (Foto: PMJ News).

“Kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan, di antaranya yang menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran berita hoax dan hate speech,” tutur Kapolda Kalteng.

Polri dibantu dengan unsur TNI dan stakeholders terkait lainnya akan menggelar operasi mantap praja telabang 2020 selama kurang lebih 136 hari, dari tanggal 3 September 2020 sampai dengan tahapan pelantikan pasangan calon terpilih dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen maupun penegakan hukum.

Menurut Kapolres, kegiatan ini bertujuan mengetahui kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri sebelum diterjunkan ke lapangan pada saat pelaksanaan pengamanan tahapan pilkada serentak nanti.

“Mudah-mudahan pada pengamanan Pilkada 2020 ini, seluruh jajaran Polri/TNI bersama unsur pemerintah setempat bisa mengawal dan mengamankan setiap tahapan dengan sebaik-baiknya," tutur Kapolres didampingi Kabagops Polres Pulpis AKP. Sahat Martua Pasaribu, S.H. (Fer).

BERITA TERKAIT