test

News

Kamis, 15 Oktober 2020 20:02 WIB

Satgas Covid-19: Belum Ada Laporan Efek Samping dari Vaksin Sinovac

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ/ Istimewa)

PMJ - Satgas Penanganan Covid-19 memastikan hingga kini belum ada relawan yang ditemukan mendapat efek samping setelah disuntikkan vaksin corona asal China, Sinovac. Hal ini sebagai langkah uji klinis dan diujicobakan kepada sejumlah relawan.

"Sejauh ini belum ada laporan efek samping yang diterima relawan dalam uji klinis vaksin tersebut," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (15/10/2020).

Ia menyampaikan, uji klinis vaksin Covid-19 berada dalam pemantauan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sehingga, dapat dipastikan bahwa proses pengadaan vaksin corona sesuai prosedur yang berlaku.

"Kita memastikan Badan POM melakukan evaluasi ini terhadap protokol uji klinis yang dilakukan dan selalu melakukan inspeksi dalam pelaksanaan uji klinis tersebut dan untuk mencapai tujuan memastikan bahwa keamanan dan efektivitas vaksin covid-19 tersebut tercapai," jelasnya.

Wiku menjelaskan, nantinya produksi vaksin yang akan disuntikkan ke masyarakat ini juga melewati persyaratan mutu produk. Dalam hal ini, vaksin harus mendapat sertifikasi pembuatan obat yang baik hingga proses akhir produk.

"Harapannya nanti bisa diterbiktan izin edar obat baik melalui Badan POM dan sesuai dengan hasil yang didapat," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT