test

News

Jumat, 16 Oktober 2020 17:31 WIB

Hore, Subsidi Gaji Tenaga Honorer Segera Cair Akhir Oktober 2020

Editor: Hadi Ismanto

Program subsidi gaji bagi pekerja. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi).

PMJ - Pemerintah akan mencairkan bantuan subsidi gaji bagi tenaga pendidik honorer. Rencananya, pencairan ini ditargetkan akhir Oktober 2020. Kebijakan ini merupakan perluasan dari program subsidi gaji yang sudah berjalan.

Diketahui, realisasi penyaluran anggaran subsidi gaji hingga awal Oktober 2020 ini mencapai Rp13,99 triliun atau 36,9 persen dari alokasi sebesar Rp37,87 triliun. Hingga kini, program bantuan ini telah menyentuh 11,6 juta pekerja.

"Kami sedang menyiapkan implementasi bantuan subsidi gaji untuk tenaga pendidik honorer," ujar Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi, Budi Gunadi Sadikin melalui siaran pers, Jumat (16/10).

"(Satgas juga menyiapkan) bantuan subsidi upah untuk pekerja mandiri, dan pembiayaan korporasi. Direncanakan mulai berjalan akhir Oktober ini," sambungnya.

Realisasi serapan anggaran pemulihan ekonomi sendiri meningkat cukup signifikan pada pekan pertama kuartal IV 2020 ini. Hingga 7 Oktober, dari total anggaran PEN sebesar Rp695,2 triliun, sudah Rp331,94 triliun atau 47,7 persen yang disalurkan.

Secara kumulatif, empat klaster program yang menjadi fokus Satgas PEN, yakni perlindungan sosial, UMKM, Kementerian-Lembaga-Pemda, dan pembiayaan korporasi, telah membukukan realisasi serapan anggaran hingga Rp277,68 triliun.

Penyerapan tertinggi melalui sektor UMKM, yakni program bantuan presiden (banpres) produktif. Banpres produktif sendiri telah terserap 100 persen untuk 9,1 juta pelaku UMKM. Program ini memberi hibah Rp2,4 juta untuk setiap pelaku UMKM.(Hdi)

BERITA TERKAIT