test

News

Kamis, 22 Oktober 2020 09:04 WIB

Libur Akhir Oktober, Menhub Prediksi Lonjakan Penumpang Capai 20 Persen

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (Foto: Instagram/@budikaryas)

PMJ - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memprediksi kenaikan penumpang transportasi umum baik darat, laut, dan udara akan meningkat pada libur panjang pada 28 Oktober hingga 1 November 2020 nanti.

"Karena hari liburnya relatif panjang, bisa jadi kenaikan (penumpang angkutan umum) sekitar 20 persen," ujar Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers virtual di Gedung BNPB Jakarta, Rabu (21/10/2020) malam.

Mengantisipasi lonjakan ini, Budi meminta maskapai agar menambah penerbangan pesawat. Pun demikian dengan perjalanan kereta api, dan bus. Pasalnya, kapasitas tempat duduk di alat transportasi rata-rata 43 persen, bahkan kereta api 30 persen.

Terkait penambahan penumpang yang berpotensi bisa menularkan virus, pihaknya akan mengumpulkan operator kendaraan umum. Tujuannya untuk berkoordinasi membahas mengenai penerapan protokol kesehatan.

"Besok kami mengumpulkan operator dan akan koordinasi lagi," ujarnya.

Selain transportasi, Budi mengimbau tempat-tempat wisata yang banyak dikunjungi saat liburan juga harus menerapkan protokol kesehatan. Ia merekomendasikan agar TNI/polri diperbantukan di tempat wisata guna menegakan protokol kesehatan.

"(Protokol kesehatan) ini memang harus dijaga," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT