test

News

Jumat, 23 Oktober 2020 14:45 WIB

Antisipasi Kemacetan, Polda Metro Siap Berlakukan Contraflow-One Way

Editor: Ferro Maulana

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo (Foto: PMJ News/Fjr)

PMJ - Menjelang libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, kepolisian bersiap untuk melakukan rekayasa lalu lintas, termasuk memberlakukan contraflow dan one way di jalan Tol Trans Jawa.

Hal tersebut dijelaskan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. Untuk melakukan ini, ia memastikan akan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak guna memastikan arus lalu lintas tetap aman.

“Kami sudah menyiapkan skenario contraflow maupun one way. Tentu saja ini akan dikoordinasikan dengan pihak Korlantas karena sangat terhubung dengan Polda Jabar untuk pengamanan di jalan tolnya termasuk juga skenario-skenario,” tuturnya, di Jakarta, Jumat (23/10/2020).  

“Misalnya apabila penutupan elevated dan sebagainya tapi ini sifatnya situasional nanti kita lihat perkembangan situasi di lapangan,” sambungnya.

Libur panjang. (Foto: Ilustrasi/PMJ News/FIF).

Menurutnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah memetakan sejumlah titik rawan kemacetan. Dengan data ini maka diharapkan berbagai langkah yang diambil untuk mengurai kemacetan akan lebih efektif.

“Titik rawan kemungkinan nanti ada di Cawang, terus Km 10 yang kenaikan elevated (Tol Jakarta-Cikampek). Kemudian Cikarang Barat, termasuk juga di Cikarang Utama untuk wilayah Polda Metro,” bebernya.

Sejumlah rest area juga akan menjadi perhatian utama karena umumnya kemacetan terjadi di titik-titik tersebut. Hal ini karena banyaknya pengemudi kendaraan yang beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

“Tentu nanti termasuk rest area Km 19. Kemudian justru arus baliknya yang kita perkirakan cukup padat, pertemuan dari arah Bandung dan dari arah Jakarta di Km 62. Kemudian juga di rest area dan juga sebagainya, tentu akan kita perkuat di sana,” sambungnya.

Lebih jauh, Dirlantas Polda Metro Jaya memperkirakan puncak arus mudik libur panjang terjadi pada Selasa (27/10/2020) malam sampai Rabu (28/10/2020) pagi. Sementara, arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu (1/11/2020).

“Tanggal 28, 29, 30, 31 (Oktober) hari mulai Rabu-Minggu kita akan melaksanakan libur panjang. Puncak arus mudik liburan kemungkinan terjadi pada hari Selasa (27/10/2020) malam sampai Rabu (28/10/2020) pagi. Kemudian puncak arus balik terjadi pada hari Minggu (1/11/2020) hingga Senin (2/11/2020) Subuh,” jelasnya lagi menambahkan.

Pemerintah telah menetapkan bahwa cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW dilakukan pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020. Walaupun diberikan cuti bersama, diharapkan masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan guna menghindari terjadinya penularan virus Covid-19.(Fer)

BERITA TERKAIT