News

Selasa, 27 Oktober 2020 17:42 WIB

H-1 Libur Panjang, 9.374 Penumpang KA Tinggalkan Jakarta

Editor: Hadi Ismanto

Kereta Api Jarak Jauh dan dekat. (Foto: Instagram/@kai121)

PMJ - Jumlah penumpang kereta api (KA) meningkat di sejumlah stasiun di Jakarta mulai Selasa (27/10/2020). Peningkatan ini disebabkan adanya libur panjang dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menjelaskan setidaknya ada 9.374 penumpang diberangkatkan dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Jakarta Kota pada hari ini.

Eva menyebut tiket hari ini yang terjual sudah 86 persen dari total yang disediakan sebanyak 10.816 tiket. Ia pun memperkirakan peningkatan penumpang lebih besar bakal terjadi Rabu (28/10/2020) besok.

Prediksi tersebut bukan tanpa alasan, lanjut Eva, sebanyak 9.284 tiket atau 95 persen dari tiket yang tersedia sudah dibeli penumpang untuk keberangkatan esok hari.

"Angka ini masih akan bertambah mengingat penjualan tiket dilakukan secara online dan go show sebelum 3 jam keberangkatan KA," ujar Eva dalam keterangannya.

Kendati terjadi pelonjakan, Eva menjelaskan untuk jumlah keterisian gerbong tetap dibatasi dengan kapasitas maksimal hanya 70 persen. Tujuannya untuk memastikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama dalam perjalanan.

Selain itu, para penumpang yang akan berangkat diwajibkan melampirkan hasil tes rapid atau PCR. Petugas juga bakal mengukur suhu tubuh penumpang.

"Jika terdapat calon penumpang dengan suhu tubuh di atas 37,3 derajat maka tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan dan biaya tiket akan dikembalikan sepenuhnya," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT