test

News

Kamis, 29 Oktober 2020 13:00 WIB

Update, Situasi Lalin H-2 Libur Panjang di Tol Semarang-Batang

Editor: Ferro Maulana

Jalur arah Puncak di Pintu Tol Ciawi beberapa waktu lalu. (Foto ;PMJ/Gtg).

PMJ - Tol Semarang-Batang mulai terlihat padat di masa liburan panjang akhir pekan, hari kedua. Seperti yang terlihat dari jembatan ruas tol di Desa Magelung, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, Kamis (29/10/2020).

Adapun kendaraan yang melintas dari arah Barat pelat nomor kendaraan kebanyakan dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan daerah lainnya.

Alasannya, waktu libur panjang ini cukup panjang yaitu selama lima hari. Bersamaan dengan hari libur nasional peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama sejak Rabu (28/10/2020) sampai Minggu (1/11/2020) ternyata juga dimanfaatkan untuk pulang kampung.

Apalagi karena pergerakan warga sempat tertunda dengan adanya larangan mudik Lebaran 2020.

Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes M Rudi Syafrudin menerangkan, dalam mengantisipasi adanya lonjakan arus lalu lintas, kendaraan berat tidak diperbolehkan melintas jalan tol. Kendaraan berat akan dialihkan ke jalan pantura.

"Kendaraan berat kami keluarkan ke jalur Pantura. Jadi yang melintas di Pantura rata-rata kendaraan berat," ungkap Kombes Rudi, Kamis (29/10/2020).

"Besok sudah mulai dibolehkan truk masuk tol. Truk kembali tidak boleh masuk tol pada Jumat (30/10/2020)," ujarnya.

Pihaknya sudah menempatkan personel untuk bersiaga menghalau dan mengeluarkan kendaraan berat yang masih melintas di jalan tol.

"Jadi mau ketemu dimanapun kendaraan berat melintas di jalan tol akan kami keluarkan," katanya lagi.

Sementara itu, di Jalan Pantura Batang-Kendal, sejumlah kendaraan berpelat nomor luar Jateng mulai memadati gerbang tol maupun ruas jalur Pantura.

Di gerbang tol Kalikangkung yang berada di perbatasan Kabupaten Batang dan Kendal juga mulai nampak kepadatan arus kendaraan.

Selain truk, dan bus, mayoritas jalan Pantura Batang-Kendal dipadati oleh kendaraan pribadi. Bahkan, beberapa nampak keluar dari gerbang tol Kalikangkung untuk mencari tempat istirahat, dan singgah ke sejumlah tempat makan.

Untuk diketahui, Ditlantas Polda Jateng memperkirakan adanya peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di wilayah Jawa Tengah pada libur panjang akhir Oktober 2020 ini yaitu sebesar 40 persen. (Fer).

BERITA TERKAIT