test

News

Sabtu, 31 Oktober 2020 15:03 WIB

Gempa dan Tsunami di Turki, Puluhan Orang Tewas dan Ratusan Terluka

Editor: Ferro Maulana

Gempa 7,0 SR guncang wilayah Turki. (Foto: PMJ/ Dok Net).

PMJ - Gempa besar dengan kekuatan 7,0 skala ritcher (SR) mengguncang di Izmir, Turki. Tak hanya gempa, tsunami kecil juga sampat muncul di kota Serifihisar, bagian barat daya Izmir.

Kantor berita Al Jazeerah melaporkan pada Sabtu (31/10/2020), data terkini sedikitnya 26 orang meninggal dunia akibat gempa itu. Selain korban meninggal dunia, peristiwa itu juga menyebabkan sedikitnya 804 orang terluka.

Gempa 7,0 SR guncang wilayah Turki. (Foto: PMJ/ Dok Net).

Pejabat Turki mengungkapkan, dari 26 orang yang dilaporkan meninggal dunia, sebanyak 24 orang tewas berasal dari daerah pesisir di barat Turki. Sementara, dua lainnya yaitu remaja laki-laki dan perempuan yang ditemukan meninggal setelah tertimpa tembok runtuh di Pulau Samos.

Wali Kota Tunc Soyer menambahkan gempa juga menghancurkan banyak bangunan. Hingga berita ini diturunkan tercatat 20 bangunan hancur akibat gempa.

Sejak gempa pertama, tercatat ada 196 gempa susulan. 23 Gempa di antaranya berkekuatan lebih dari 4,0 SR.

Gempa 7,0 SR guncang wilayah Turki. (Foto: PMJ/ Dok Net).

Sampai sekarang, upaya pencarian dan penyelamat korban yang mungkin tertimbun di bawah reruntuhan bangunan masih terus dilakukan.

Gempa berkekuatan magnitudo 7,0 melanda Laut Aegea, Turki pada Jumat (30/10) sore waktu setempat. Zeki Soysal, seorang penduduk di provinsi Izmir mengatakan, dia berhasil keluar dari gedung kantornya tepat sebelum gedung itu runtuh karena gempa.

"Ada seorang wanita yang lebih tua di gedung itu tetapi kami menyelamatkannya, dia keluar. Ada gedung lain di dekat gedung ini. Mereka terus berusaha mengeluarkan orang-orang," ujarnya.

Gempa 7,0 SR guncang wilayah Turki. (Foto: PMJ/ Dok Net).

Sekedar informasi, Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan, pusat gempa tersebut berada di 14 kilometer (8,7 mil) timur laut kota Néon Karlovásion di pulau Samos Yunani, pada pukul 1.51 waktu Yunani.

Gempa tersebut terjadi pada kedalaman yang relatif dangkal 10 kilometer, menurut USGS, membuat dampaknya sangat terasa di permukaan tanah di sekitar pusat gempa. Badan bencana Turki mencatat kedalaman pada 17 kilometer.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mentweet: "Semoga cepat sembuh ?zmir."

"Dengan semua sarana negara kami, kami mendukung warga kami yang terkena dampak gempa. Kami mengambil tindakan untuk memulai pekerjaan yang diperlukan di wilayah tersebut dengan semua lembaga dan menteri kami yang relevan," tutur Erdogan memberikan semangat rakyatnya. (Al Jazeerah/ Fer).

BERITA TERKAIT