News

Selasa, 3 November 2020 13:41 WIB

Ketahui Ini Kelompok Orang yang Lebih Rentan Terjangkit Covid-19

Editor: Ferro Maulana

Kelompok orang yang rentan terpapar Covid-19 menyebabkan kematian. (Foto: PMJ/ Dok Net).

PMJ – Penyebaran virus corona (Covid-19) tidak pandang bulu dan tidak pilih-pilih siapa yang akan terpapar. Namun demikian, terdapat orang-orang yang mempunyai kondisi lebih rentan untuk terjangkit positif Covid-19.

Kelompok rentan ini merupakan orang-orang yang memiliki penyakit penyerta (komorbid), berusia lanjut, memiliki daya tahan tubuh rendah, dan mengalami obesitas.

Situs resmi Kementerian Kesehatan menyebutkan jumlah penderita dan kasus kematian akibat infeksi Covid-19 setiap harinya terus meningkat.

Kelompok orang yang rentan terpapar Covid-19 menyebabkan kematian. (Foto: PMJ/ Dok Net).

Saat ini terlihat Covid-19 lebih sering menyebabkan infeksi berat dan kematian pada orang lanjut usia (lansia) dibandingkan orang dewasa atau anak-anak.

Kelompok lanjut usia sering dikaitkan dengan kelompok yang rentan terhadap berbagai penyakit oleh karena fungsi fisiologisnya berangsur-angsur akan berkurang termasuk sistem imum tubuh.

Sampai sekarang, Covid-19 sudah menginfeksi jutaan penduduk dunia dan sekitar 4.000 orang di antaranya meninggal dunia.

Kelompok orang yang rentan terpapar Covid-19 menyebabkan kematian. (Foto: PMJ/ Dok Net).

Menurut data Badan Kesehatan dunia (WHO), kematian paling banyak terjadi pada penderita Covid-19 yang berusia lebih dari 80 tahun dengan persentase mencapai 21,9 persen.

Pada usia pra-lansia (50–59 tahun) angka kematian hampir dua persen, usia 60–69 tahun 4 persen, terus naik menjadi 8 persen sampai 15 persen pada usia 70–80 tahun.

Kematian paling banyak terjadi pada penderita Covid-19 yang berusia lebih dari 80 tahun dengan persentase 21,9 persen.(Kemenkes/WHO/Fer)

BERITA TERKAIT