test

News

Kamis, 5 November 2020 17:43 WIB

Soal Pengadaan Vaksin Covid-19, Staf Istana Kutip Hadist Nabi Muhammad

Editor: Hadi Ismanto

Pemerintah melakukan pengujian klinis vaksin Covid-19 (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Tenaga Ahli Utama Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP), Rumadi Ahmad menyebut hingga kini pemerintah masih melakukan uji klinis vaksin Covid-19. Menurut dia, hal ini sebagai ikhitiar menanggulangi pandemi ini.

Untuk itu, Rumadi mengatakan riset pengembangan vaksin ini perlu didukung oleh segenap masyarakat. Sebab, upaya itu sejalan dengan ajaran Rasulullah SAW.

"Kata Rasul, 'Likulli da'in dawa'a', atau setiap penyakit pasti ada obatnya. Namun obat harus diupayakan dan dicari, tidak datang dengan sendirinya," ungkap Rumadi dalam keterangan tertulis, Kamis (5/11/2020).

Ia juga menyebut pemerintah tentenua akan melibatkan para tokoh agama dalam penyiapan vaksin. Mereka akan dimintai pendapat keilmuannya soal kehalalan vaksin yang berpotensi jadi perdebatan di masa mendatang.

Menurut Rumandi, para ulama akan memberi panduan yang memudahkan dalam urusan vaksinasi. "Dalam keadaan darurat, jika belum ada obat yang lain, Islam tidak melarang mengkonsumsi obat tersebut," tuturnya.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan vaksinasi sebagai jalan keluar Indonesia dari pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo sempat membahasnya di Sidang Tahunan PBB beberapa waktu lalu.(Hdi)

BERITA TERKAIT