test

News

Jumat, 6 November 2020 20:31 WIB

Minimalisir Dampak Bencana, Warga Gunung Merapi Mulai Mengungsi

Editor: Hadi Ismanto

Gunung Merapi berstatus siaga, warga mulai diungsikan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Twitter @BPPTKG)

PMJ - Menyikapi status siaga Gunung Merapi, sebagian warga yang tinggal di sejumlah desa di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mulai mengungsi, Jumat (6/11/2020). Hal ini sebagai langkah antisipasi meminimalisir dampak bencana.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto menjelaskan semalam ada kesepakatan dari aparat Desa Paten, Krinjing, dan Ngargomulyo di Kecamatan Dukun untuk mulai mengungsikan sebagian warga.

"Status Merapi menjadi siaga ditetapkan kemarin jam 12.00, kalau sore hari mereka mengungsi belum cukup siap secara psikologi, dan baru hari ini baru bisa dilakukan evakuasi," ungkap Edy Susanto saat dikonfirmasi, Jumat (6/11/2020).

Edy menjelaskan warga desa yang bergerak menuju tempat pengungsian utamanya mereka yang termasuk dalam kelompok rentan. Mulai dari anak-anak, ibu hamil, orang sakit, warga lanjut usia, dan penyandang disabilitas.

Menurut Edy, pada Jumat ada 50 warga Dusun Trono, 50 warga Dusun Trayem, dan 60 warga Dusun Pugeran di Desa Krinjing yang mengungsi ke Desa Deyangan di Kecamatan Mertoyudan.

"Mereka mengungsi dengan kendaraan sendiri, disiapkan enam unit mobil kemudian dikawal oleh ambulans. Memang konsepnya seperti itu, setiap kali perjalanan ada yang mengawal ambulans dan dari Polsek serta Koramil," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT