test

News

Minggu, 15 November 2020 14:29 WIB

Hadiri KTT Asean, Jokowi Tandatangani Perjanjian RCEP

Editor: Hadi Ismanto

PMJ - Perjanjian Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) resmi ditandatangani Minggu (16/11/2020). Penandatangan ini dilakukan di sela-sela KTT ASEAN.

Perjanjian perdagangan bebas tersebut dinilai memiliki sisi historis. Pasalnya, Indonesia merupakan negara yang ikut menginisiasi selaku Ketua ASEAN pada 2011.

"Hari ini merupakan hari yang bersejarah. Hari ini kita menandatangani Perjanjian Regional Comprehensive Economic Partnership atau RCEP," jelas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya secara virtual di Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/11/2020).

Setelah melalui proses hampir satu dekade, kata Jokowi, perundingan kerja sama itu akhirnya dapat diselesaikan. Menurut dia, semua negara merasakan bahwa proses perundingan RCEP ini bukanlah sesuatu yang mudah.

Namun pada akhirnya RCEP tetap dapat diselesaikan berkat komitmen yang kuat terhadap multilateralisme atau kerja sama antarnegara dari negara-negara di kawasan.

"Penandatanganan ini menandai masih kuatnya komitmen kita terhadap multilateralisme," ujarnya.

Tercapainya perundingan RCEP tersebut juga menandai komitmen negara-negara terhadap prinsip perdagangan multilateral yang terbuka, adil, dan menguntungkan semua pihak.

Bahkan hal yang terpenting, perjanjian ini memberikan harapan dan optimisme baru bagi pemulihan ekonomi pascapandemi di kawasan.(Hdi)

BERITA TERKAIT