test

Kesehatan

Kamis, 19 November 2020 10:02 WIB

Waspada, 4 Dampak Buruk Jika Duduk Telalu Lama

Editor: Hadi Ismanto

Duduk lama di depan komputer bisa sebabkan gangguan kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi).

PMJ - Disadari atau tidak, duduk terlalu lama dapat mendatangkan dampak buruk dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Bahkan, ahli membandingkan duduk lama sama halnya dengan bahaya merokok.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/11/2020), Anda perlu waspada dengan bahaya-bahaya kebanyakan dan kelamaan duduk. Berikut sejumlah gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan akibat kelamaan duduk.

1. Sakit punggung, leher, dan pundak

Dalam hitungan jam, kelamaan duduk mulai muncul seperti timbul rasa nyeri pada punggung, leher kaku dan sakit pada pundak. Duduk membuat fleksor pinggul memendek apalagi ditambah postur duduk buruk dan penggunaan kursi yang tidak ergonomis.

Jika ini terulang, dalam jangka panjang Anda bisa mengalami nyeri kronis karena tekanan pada cakram tulang belakang. Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan peregangan otot di sela aktivitas kerja.

2. Berat badan naik

Asupan kalori berlebihan dipadu minim gerak badan sama dengan kenaikan berat badan. Seperti dilansir laman Healthline, bergerak membuat otot melepaskan molekul termasuk lipoprotein lipase.

Molekul ini membantu memproses lemak dan gula yang Anda konsumsi. Saat Anda menghabiskan sebagian besar waktu untuk duduk, pelepasan molekul berkurang.

3. Penyakit jantung

Kelamaan duduk bisa juga membahayakan kondisi jantung. Sebuah studi menyebut pria yang menghabiskan lebih dari 23 jam duduk per minggu menonton televisi memiliki 64 persen risiko meninggal lebih besar akibat penyakit kardiovaskular.

Bahkan orang yang duduk terlalu lama bisa memiliki 147 persen risiko lebih tinggi mengalami serangan jantung dan stroke. Melihat risiko ini, sebaiknya Anda mulai beranjak dan bergerak daripada jantung yang akhirnya tidak mau bergerak lagi.

4. Cemas hingga depresi

Setelah kerja seharian di depan laptop, Anda mencari hiburan dengan menonton film atau serial. Ini memang jadi hiburan tetapi sebenarnya sama sekali tidak 'menghibur' kondisi tubuh maupun pikiran Anda.

Terlalu banyak duduk berisiko mengganggu kesehatan mental. Orang bisa cemas juga depresi karena tidak beranjak dari tempat duduknya. Kondisi ini bisa dicegah dengan menyempatkan diri berjalan-jalan.(Hdi)

BERITA TERKAIT