test

Kesehatan

Rabu, 18 November 2020 10:02 WIB

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Olahraga Pakai Masker

Editor: Hadi Ismanto

Meski tengah berolahraga sebaiknya tetap menggunakan masker. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi)

PMJ - Selama masa pandemi penggunaan masker menjadi wajib, meski tengah berolahraga. Penutup hidung dan mulut ini dinilai dapat menghindari penularan Covid-19, karena bisa mencegah partikel kuman masuk ke saluran pernapasan.

Namun sebagian orang mengeluh tidak merasa nyaman saat memakai masker ketika berolahraga. Masker seolah mengganggu pola pernapasan yang membuat Anda merasa pusing atau sesak.

Seperti dilansir laman Times of India, Rabu (18/11/2020), ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar nyaman berolahraga meski memakai masker.

1. Pilih masker yang tepat

Terpenting adalah memilih jenis masker yang tepat. Masker yang Anda pilih tidak hanya melindungi Anda dari kuman dan debu, tetapi juga harus terbuat dari bahan yang dapat bernapas.

Saat Anda membeli masker untuk diri sendiri, pastikan masker terbuat dari bahan katun yang dapat bernapas dan tidak basah serta lembap saat Anda berkeringat selama sesi latihan. Sebaiknya bawa masker cadangan agar dapat menggantinya.

2. Jangan memaksakan kemampuan

Sebaiknya Anda tidak memaksakan diri saat berolahraga memakai masker. Meski masker tidak membatasi asupan oksigen, Anda pasti mengalami semacam ketidaknyamanan. Hentikan olahraga jika detak jantung Anda terlalu tinggi

Jika Anda merasa tidak nyaman atau detak jantung Anda terlalu tinggi, maka Anda harus segera berhenti berolahraga. Duduklah di suatu tempat dan cobalah untuk rileks. Jika Anda mengalami nyeri dada, kunjungi dokter.

3. Jaga agar diri Anda tetap terhidrasi

Berdasarkan penelitian, dehidrasi dapat meningkatkan detak jantung Anda selama sesi olahraga. Jadi, minumlah banyak air sebelum dan selama sesi olahraga Anda. Tetap terhidrasi membuat detak jantung Anda terkendali dan mencegah sakit kepala.

4. Istirahatlah

Jangan lupa untuk istirahat di sela-sela rutinitas latihan Anda. Seperti jika Anda berjalan cepat selama 10 menit kemudian istirahat 2 menit, minum air dan kemudian lanjutkan. Waktu istirahat yang singkat selama sesi latihan memberi waktu tubuh Anda untuk rileks.(Hdi)

BERITA TERKAIT