test

Olahraga

Rabu, 18 November 2020 08:08 WIB

Miliki Rekor Bagus, Asa Timnas Indonesia Berprestasi di Piala Asia U-19

Editor: Ferro Maulana

Timnas Indonesia U-19. (Foto: Dok Net/ Istimewa)

PMJ - Timnas Indonesia U-19 memang tidak dunggulkan dalam ajang Piala Asia U-19 yang berlangsung di Uzbekistan, pada tanggal 3-20 Maret 2021 mendatang. Tetapi, Indonesia juga tak pantas dipandang sebelah mata begitu saja karena punya rekor bagus saat bertemu tim-tim asal Asia.

Untuk diketahui, pasukan Merah Putih tengah melakukan pemusatan latihan di Jakarta, pada 13 sampai dengan 23 November 2020 sebelum akhirnya terbang ke Korea Selatan untuk melakoni TC lanjutan. Hal itu berdasarkan pernyataan yang diungkapkan media Korea Selatan, Yeongnam.

Persiapan intens memang dilakukan Timnas U-19 karena di ajang Piala Asia Timnas U-19 yang tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja dan Iran ditargetkan bisa lolos hingga ke babak semifinal Piala Asia U-19 2020.

Bila merujuk terhadap data dan fakta terkait pertemuan Timnas Indonesia U-19 melawan tim-tim Asia, target tersebut sebenarnya bukanlah hal yang mustahil diwujudkan. Alasannya, saat menjalani TC di Kroasia, timnas besutan Shin Tae-Yong yang tiga kali berhadapan dengan tim-tim kuat Asia berhasil tak tersentuh kekalahan. Rinciannya, satu kali menang dan dua kali imbang.

Yang pertama saat menghadapi juara bertahan Piala Asia U-19 pada 11 September 2020. Timnas U-19 yang sempat tertinggal 0-3 berhasil melakoni comeback dan menutup laga dengan hasil sama kuat, 3-3 berkat gol yang dilesakkan Irfan Jauhari, Saddam Gaffar dan Braif Fatari.

Berikutnya dengan menghadapi semifinali Piala Asia U-19 2018, Qatar, Timnas U-19 bisa menang dengan skor 2-1 lewat gol-gol yang dibuat Brylian Aldama dan Mochamad Supriadi.

Bahkan tiga hari kemudian, Qatar yang penasaran dengan kekuatan Timnas U-19 kembali melakoni tanding ulang di Cakovec Stadion. Hasilnya, Timnas Indonesia berhasil status tak terkalahkan dengan bermain imbang tanpa gol selama 90 menit laga berlangsung.

Jauh sebelum itu, ketika timnas U-19 masih dibesut Fakhri Husaini, mereka juga sempat mempermalukan Iran dengan skor 0-1, lalu dengan menaklukkan Tiongkok 3-1, dan menahan imbang Korea Utara 1-1. (Fer).

BERITA TERKAIT