Politik

Selasa, 17 November 2020 10:50 WIB

Komisi III DPR Apresiasi Langkah Tegas Kapolri

Editor: Ferro Maulana

Anggota Komisi III DPR RI, Trimedya Panjaitan. (Foto: PMJ/ DPR)

PMJ - Langkah tegas Kapolri Jenderal Pol Idham Azis yang mencopot dua jabatan Kapolda, lantaran diduga tidak tegas dalam menegakkan protokol kesehatan (prokes), akhirnya mendapat apresiasi dari Anggota Komisi III DPR RI, Trimedya Panjaitan.

Trimedya menjelaskan keputusan tersebut sebagai salah satu pembuktian bahwa Kapolri serius dalam menegakkan aturan prokes.

"Itu kan sudah lugas. Itu enggak perlu kita perjelas lagi, dan inilah yang paling jelas sikap Polri dalam mutasi, biasanya kan penyegaran, segala macam, ini jelas kesalahan,” ujar Trimedya, di Jakarta, Selasa (17/11/2020).

“Itu kita apresiasi Kapolri dan Kadiv Humas bicara seperti itu tentu atas dasar persetujuan Kapolri. Jadi itu sikap institusi Polri," katanya lagi.

Tak hanya itu, Trimedya juga memuji konsistensi Kapolri dalam menegakkan aturan prokes. Ketegasan Idham Azis dalam menegakkan aturan protokol kesehatan, menurut Trimedya, telah dibuktikan sejak diterbitkannya Maklumat Kapolri.

"Dulu kan juga sudah pernah ada maklumat soal kerumunan, dan di beberapa tempat kaya di Tegal, pimpinan DPRD yang kena. Kemudian di institusi Polri juga ada yang buat pesta rame-rame dicopot. Itu kan bagian dari konsistensi," ungkapnya.

Lebih jauh, politikus PDIP itu menilai bahwa tindakan tegas pencopotan dua kapolda itu untuk menjawab kekecewaan masyarakat yang menganganggap adanya pembiaran terhadap kerumunan kegiatan Habib Rizieq Shihab.

"Orang lain disuruh PSBB, kita juga setengah mati di rumah, tapi ada yang sampai puluhan ribu, dan itu tidak bisa dibandingkan," terang Trimedya, di Jakarta.(Fer)

BERITA TERKAIT