test

Kesehatan

Sabtu, 5 September 2020 11:04 WIB

Cegah Covid-19, Begini Tips Aman Saat Naik KRL

Editor: Hadi Ismanto

Penumpang commuter line atau KRL (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi)

PMJ - Di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), penggunaan transportasi massal seperti commuter line atau KRL masih tetap diminati. Jika kamu harus naik kereta, ada baiknya tetap menerapkan protokol kesehatan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (5/9/2020), berikut sejumlah tips yang bisa kamu lakukan apabila harus menggunakan transportasi KRL saat berangkat atau pulang kantor.

1. Tetap pakai masker

Masker menjadi perlengkapan wajib saat beraktivitas di luar rumah. Terlebih jika kamu sedang berada di stasiun dan di dalam gerbong KRL. Untuk menjaga higienitas, setelah turun dari KRL masker kain harus diganti dengan yang baru.

2. Menjaga jarak (pshycal distancing)

Disarankan agar kamu tetap menjaga jarak terhadap penumpang lain kurang lebih 1 meter. Baik ketika mengantre di stasiun maupun saat tengah di dalam gerbong kereta.

3. Hindari main ponsel

Sebaiknya ponsel disimpan dalam tas, agar ponsel tetap bersih dan higienis. Hindari penggunaan atau sekedar bermain ponsel di stasiun maupun saat tengah di dalam KRL.

4. Jangan pegang benda sembarangan

Dianjurkan untuk tidak memegang benda-benda di sekitar, karena rentan terpapar virus corona seperti handle KRL, pintu stasiun, tiang, dan sebagainya. Kalaupun terpaksa, lebih baik alasi tanganmu dengan tisu.

5. Batasi berbicara dengan orang lain

Virus corona dapat menyebar lewat cairan yang keluar dari mulut (droplet) saat kita berbicara, meskipun sudah menggunakan masker. Jadi sebisa mungkin hindari untuk berbicara atau mengobrol dengan orang lain selama berada di kereta.

6. Hindari jam sibuk

Kepadatan transportasi publik kerap terpantau pada jam sibuk, seperti jam berangkat dan pulang kerja. Jika memungkinkan, gunakan transportasi publik tidak pada jam sibuk. Jadi kamu bisa naik transportasi umum dengan ruang yang lebih longgar dan lebih aman.(Hdi)

BERITA TERKAIT