test

Kesehatan

Rabu, 9 September 2020 10:02 WIB

Peneliti Ungkap Tiga Gejala Baru Covid-19 Pada Anak

Editor: Hadi Ismanto

Peneliti ungkap sejumlah gejala Covid-19 pada anak (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi)

PMJ - Sebuah penelitian terbaru mengungkap daftar gejala yang sangat umum terjadi pada anak-anak saat terinfeksi virus corona (Covid-19). Gejala timbul mulai dari kelelahan, demam, dan sakit kepala.

"Kami perlu memberi tahu orang-orang apa saja gejala utama sesuai dengan perbedaan usia selain batuk, demam, dan kurangnya kemampuan indera penciuman," jelas pemimpin penelitian Profesor Tim Spector dari King's College London, Inggris.

Seperti dilansir dari laman The Guardian, Rabu (9/9/2020), penemuan terbaru tim tersebut didasarkan pada laporan gejala pada 198 anak yang dites positif Covid-19.

Lebih dari separuh atau 55 persen anak-anak dengan gejala Covid-19 mengalami kelelahan, 54 persen mengeluh sakit kepala, dan hampir setengahnya mengalami demam.

Sebanyak 38 persen anak-anak dengan gejala merasakan sakit tenggorokan, 35 persen tidak nafsu makan, 15 persen mengalami ruam kulit yang tidak biasa dan 13 persen terkena diare.

Dengan kondisi seperti ini, tim menyarankan yang terpenting adalah anak-anak ikut dites saat orangtuanya melakukan tes virus corona, meski mereka tidak menunjukkan gejala.

Sementara Dr Tom Waterfield dari Queen's University Belfast, yang tidak terlibat dalam penelitian mengatakan temuan ini sejalan dengan karyanya sendiri yang menunjukkan gejala seperti kelelahan, sakit kepala, dan sakit perut biasa terjadi pada anak-anak.

Pun demikian dengan Profesor Martin Marshall, ketua Royal College of GPs yang mengapresiasi penelitian ini.

"Memahami bahwa anak-anak mungkin menunjukkan gejala yang berbeda dengan orang dewasa sangat berguna agar dokter dan timnya, serta dokter spesialis anak, dapat mengidentifikasi virus dan merespons dengan tepat," tutur Prof Martin.(Hdi)

BERITA TERKAIT