test

Politik

Kamis, 30 April 2020 13:13 WIB

Gubernur Jateng: Ada Kejahatan Tindak Tegas Tidak Usah Ragu, Melawan Dor Saja

Editor: Ferro Maulana

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Dok Net/ Ist)

PMJ – Pihak kepolisian diminta menindak tegas para pelaku kejahatan di tengah masa pandemi virus corona (covid-19). Hal itu lantaran banyaknya masyarakat yang mengeluhkan banyaknya pencurian hingga pembegalan.

Dalam mengantisipasi berbagai kejahatan tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat menghidupkan kembali jaga malam dan patroli baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan."Kita perlu ronda lagi, dan kerja sama dengan kepolisian," ujar Ganjar, Rabu (29/04/2020) kemarin.

Pihak telah berkoordinasi dengan Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro ketika rapat forkopimda beberapa waktu yang lalu. Bahkan, terhadap dua tokoh itu, Ganjar melanjutkan, tidak usah ragu menindak para pelaku.

"Pak Kapolda dan Pangdam sudah rapat dan Beliau mengatakan 'Pak Gubernur percayakan pada kami.' Saya bilang, kalau ada kejahatan tindak tegas tidak usah ragu-ragu, kalau dia melawan dor saja," ujarnya.

Jika sudah kondisi seperti ini, menurut Ganjar, jangan sampai ada yang menumpangi. Karena semua tahu negara tengah mengalami masa sulit melawan Covid-19.

"Kalau butuh bantuan lebih baik lapor saja, menyampaikan ke perangkat desa. Kita akan bantu. Kita sedang diuji, semoga kita mampu," tuturnya.

Meski begitu, dirinya menyangkal kejahatan yang saat ini marak terjadi berasal dari para narapidana asimilasi. Tetapi, ia juga melakukan upaya pendampingan pada mereka dengan memberikan pelatihan.

"Banyak hoax yang ditebar kejahatan dari asimilasi karena persentasenya 0,01 persen. Maka tugas saya membina mereka memberikan pelatihan sampai kampung-kampung. Maka kami di Jawa Tengah membuat Jogo Tonggo. Di sana kita mengelola pangan sampai keamanan," pungkasnya. (FER).

BERITA TERKAIT