test

Kesehatan

Sabtu, 19 September 2020 11:04 WIB

Dokter Paru: Ada Tiga Cara Penularan Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Ketua PDPI Dr. dr. Agus Dwi Susanto, SpP(K) di Graha BNPB (Foto: PMJ News/Youtube BNPB)

PMJ - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyebut penularan virus Covid-19 terjadi melalui tiga mekanisme. Di antaranya secara langsung, tidak langsung, dan melalui airbone.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua PDPI Dr. dr. Agus Dwi Susanto, SpP(K) di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Jumat (18/9/2020).

"Jadi sudah sering disampaikan mungkin dari berbagai pakar dan juga Satgas Covid-19 bahwa pada dasarnya Covid-19 ini menular melalui tiga mekanisme," kata dr Agus Dwi Susanto.

Agus menjelaskan, penularan Covid-19 secara langsung adalah melalui droplet atau percikan-percikan halus liur yang dilontarkan oleh seseorang ketika batuk, bersin, atau saat berbicara dengan orang.

Sementara penularan secara tidak langsung adalah melalui tangan yang terkontaminasi setelah menyentuh benda-benda penyebab Covid-19. Virus bisa saja menempel di meja, pegangan pintu, atau barang lainnya.

"Apabila tangan seseorang menyentuh barang yang telah terkontaminasi kemudian menyentuh area wajah, hidung, mulut, atau mata tanpa mencuci tangan, virus dapat masuk dan terhirup ke dalam saluran napas kemudian masuk ke dalam tubuh," tuturnya.

Penularan Covid-19 yang lainnya adalah melalui airbone atau udara. Penularan lewat udara ini disinyalir terjadi paling banyak adalah di lingkungan rumah sakit.

"Penularan Covid-19 melalui aerosol terjadi saat tindakan dengan prosedur yang menimbulkan suatu aerosol atau microdroplet," terangnya.

Penularan melalui udara tersebut dapat terjadi dalam radius hingga 60 meter. Selain dapat terjadi di lingkungan RS, penularan Covid-19 melalui udara juga dapat terjadi di area tertutup yang tidak memiliki ventilasi yang baik

"Potensi penularan lewat udara muncul apabila ruangan itu tertutup, tidak ada ventilasi yang baik, kemudian kerumunannya padat," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT