test

Kesehatan

Sabtu, 19 September 2020 13:45 WIB

Ketua PMI: Atas Bantuan Panglima dan Kapolri, Stok Darah Kita Naik 80 Persen

Editor: Ferro Maulana

Ketua PMI Jusuf Kalla. (Foto: PMJ News).

PMJ - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla memantau acara donor darah di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (19/9/2020). Acara yang diikuti oleh ratusan personel kepolisan dan TNI itu menjadi langkah PMI mengamankan stok darah yang hanya tinggal 50 persen akibat pandemi Covid-19.

"Atas bantuan Panglima TNI dan Kapolri, saya mendapatkan donor darah anggotanya. Sehingga persediaan kita bisa naik 80 persen dari 50 persen," ungkap mantan Wakil Presiden 2 periode yang akrab dipanggil JK ini Sabtu (19/9/2020) pagi.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana. (Foto: PMJ News)..

Untuk diketahui, donor darah kali ini dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Para pejabat utama (PJU) Polda Metro Jaya juga ikut mendonorkan darah.

JK mengungkapkan setiap tahun PMI memerlukan persediaan darah hingga 5 juta kantong. Darah itu dibutuhkan untuk masyarakat yang sedang mengalami kecelakaan dan operasi. Untuk keperluan itu, persediaan darah selalu terpenuhi berkat program donor darah di perkantoran.

Aksi donor darah oleh Jajaran Polda Metro Jaya. (Foto: PMJ News).

Saat ini persediaan darah PMI menipis dan hanya terpenuhi 50 persen saja. Covid-19 membuat banyak kantor tutup dan orang tidak keluar rumah. “Sehingga terjadi kekurangan stok darah pada 2 bulan lalu, mulai bulan puasa," lanjut JK.

Ia pun berharap akan ada banyak lagi masyarakat yang bersedia mendonorkan darahnya ke PMI melalui acara serupa agar stok darah di PMI dapat tersedia dan masyarakat yang membutuhkan transfusi dapat segera tertolong. (Fer).

BERITA TERKAIT