test

Kesehatan

Senin, 28 September 2020 18:02 WIB

Angka Kematian Tertinggi, Pemerintah Siapkan SOP untuk Rumah Sakit

Editor: Ferro Maulana

Kepala BNPB sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo (Foto: PMJ News/Youtube BNPB)

PMJ- Angka kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia masih di atas dunia. Untuk menekan angka tersebut, pemerintah membuatkan SOP penanganan pasien Covid-19 untuk pimpinan rumah sakit di seluruh Indonesia.

Dalam rapat virtual yang dilakukan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, "hampir tiap hari Beliau (Luhut Pandjaitan) memimpin rakor untuk mensinergikan seluruh komponen termasuk pelibatan pakar-pakar epidemiologi, pakar kesehatan, ahli obat. Dan sudah dibuat SOP yang akan jadi rujukan untuk pimpinan RS yang disusun Kemenkes.”

Doni mengatakan SOP itu dibuat karena tak terlepas dari pengalaman rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19 selama tujuh bulan. Kemudian ia mencohtohkan kasus yang ada di RSUP Persahabatan

"Satu contoh RS Persahabatan. Kasus ringan sembuh 100 persen, kasus sedang yang meninggal itu mencapai 2,6 persen. Kasus berat mencapai 5,5 persen dan yang kritis menimbulkan kematian tinggi 67,4 persen," ujarnya.

Lebih jauh, Doni memaparkan, rapat rutin yang dipimpin oleh Luhut selalu membahas pentingnya penanganan awal. Sehingga langkah pemerintah untuk saat ini yaitu menyiapkan tempat isolasi mandiri bagi masyarakat yang wilayahnya tak memungkinkan untuk protokol kesehatan.

"Hal ini berdasarkan rujukan Puskesmas. Memang ada peningkatan masyarakat yang dirawat di tempat isolasi mandiri yang disiapkan pemerintah. Baik di rumah sakit rujukan dan Wisma Atlet, termasuk cadangan hotel di 10 provinsi prioritas kerja sama dengan Kemenpar dan PHRI," tutupnya. (Dre/ Fer).

BERITA TERKAIT